Jumat, 07 Januari 2011

Misteri Kematian

Salah satu misteri terbesar umat manusia sampai saat ini adalah kematian. Kenapa manusia harus mengalami kematian. Kemana jiwa ini pergi setelah mati.

Sampai saat ini belum ada yang mampu menjawabnya secara ilmiah. Jawaban yang ada bersifat filosofi dan teologis. Misalnya dalam tradisi Islam malaikat pencabut nyawalah yang bertugas mengambil ruh manusia.
Bagi kalangan ilmuwan hal ini dirasakan belum memberikan jawaban yang memuaskan.




Sejak abad pertengahan manusia selalu berusaha mengungkap rahasia kematian. Tapi sampai saat ini belum ada satupun yang berhasil. Dengan berbagai metode mulai dari yang bersifat mistis sampai dengan penggunaan tehnologi canggih, manusia selalu berusaha mengungkap rahasia kematian.

Dalam literatur Budha dikisahkan seorang raja menitipkan pesan pada kerabatnya yang akan meninggal bila memang ada dunia setelah kematian agar memberitahu kepadanya. Tetapi kabar yang ditunggu tidak kunjung tiba. Salah seorang pesulap terkenal Houdini ketika mendekati ajal memberitahu keluarganya akan memberikan sinyal dari alam sana. Tetapi sinyal yang ditunggu  tidak kunjung tiba.

Para peneliti di barat telah merancang alat penangkap ruh. Alat ini dipasang pada orang yang akan meninggal. Dengan menggunakan semacam alat yang kedap udara, mereka berharap dapat menangkap ruh yang keluar dari tubuh yang ditinggal pergi. Tapi sampai hari ini percobaan ini masih belum menunjukkan hasil.

Sehingga kematian sampai saat ini masih merupakan salah satu misteri terbesar umat manusia. Apabila misteri ini bisa dipecahkan maka akan membuka wilayah yang belum terpikirkan sebelumnya.

Saya percaya suatu waktu nanti misteri ini akan bisa dipecahkan dan pada saat itu kedamaian atau justru kehancuran akan menimpa umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar