Sabtu, 08 Januari 2011

Soul

Dimana letaknya soul atau jiwa?


Para peneliti telah melakukan riset mutakhir untuk menemukan dimana letaknya soul atau jiwa. Sebagian besar otak manusia telah diteliti dan 90% telah berhasil dipetakan. Tetapi para ahli belum berhasil menjawab dimana dan bagaimana jiwa terbentuk.

Kita telah mengetahui begitu janin terbentuk maka akan ada jiwa yang mendiami tubuh fisik tersebut. akan tetapi darimana dan kemana setelah terlepas dari tubuh fisik masih menjadi teka-teki sampai saat ini.

Saat ini orang sudah bisa membuat robot yang semakin lama semakin cerdas. Robot berbeda dengan benda mekanis lainnya. Jika benda lain diprogram untuk suatu pekerjaan tertentu maka gerakan dan pola yang terbentuk akan bersifat statis atau tetap. Lain halnya dengan robot dimana diciptakan dan diprogram untuk dapat berpikir dengan sendirinya. Tehnologi robot saat ini juga sudah merekayasa dan mengambil 'living tissue' atau jaringan tubuh manusia.

Ketika robot sudah bisa berpikir untuk dirinya sendiri apakah bisa dikatakan robot tersebut telah memiliki jiwa. 

Saat ini kemajuan tehnologi sudah sampai pada nano tehnologi. Dimana mesin dapat dibuat dalam skala yang sangat mikro. Manusia mulai memasukkan atau implant mesin kedalam tubuh mereka. Misalnya jantung buatan. Secara tidak langsung hal ini membuat manusia mulai menjadi setengah robot atau dikenal dengan istilah cyborg. Ketika nantinya sudah semakin banyak mesin yang digabungkan fungsinya dengan tubuh manusia, apakah masih bisa disebut manusia atau mesin?

Di film science fiction "Artificial Inteligence" besutan Steven Spielberg digambarkan dunia dimasa depan antara manusia dan mesin sudah saling berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Ada bagian yang mengharukan dalam film tersebut, dimana sang robot merasakan kehilangan ibunya yang tak lain adalah manusia (sang ibu manusia mengadopsi robot ini sebagai anaknya). Sampai terjadi adegan dimana cyborg tersebut menitikkan air mata karena sedih tidak bertemu ibunya.

Apakah cyborg yang demikian bisa dikatakan mempunyai jiwa? Menurut saya dalam pandangan saat ini bisa dikatakan manusia dan cyborg tersebut berada pada taraf kedudukan yang sejajar. Karena misteri dari soul/jiwa ini belum bisa dipecahkan oleh manusia. Sehingga perlakuan baik kepada manusia maupun cyborg tersebut seharusnya sama. Kecuali suatu hari nanti sudah berhasil ditemukan darimana soul/jiwa berasal maka mungkin hal itulah yang menjadi perbedaan antara manusia dan robot. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar