Jumat, 30 September 2011

Training Singapura - Hari terakhir

Hari ini adalah hari ketiga dan terakhir training. Semalam aku cukup tidur, sehingga pagi ini badanku cukup terasa segar. Setelah makan pagi dan mandi kami pun check out dari hotel. Kami sekalian check out karena kami berencana setelah selesai training langsung menuju bandara. Jadi terpaksa deh kami bawa serta barang bawaan kami ke lokasi training. Seperti halnya kemarin kami antri taksi cukup lama sekitar 20 an menit. Hotel Ibis Bencoolen ini tampak banyak kedatangan tamu. Karena hari ini sampai beberapa hari kedepan akan diadakan balapan mobil F-1 di Singapura. Jadi banyak hotel yang fully book.

Sesampainya di lokasi training ternyata memang kami sudah ditunggu. Bahkan mereka sempat mengecek keberadaan kami dengan mengontak hotel. Setelah itu kami training seperti biasa melanjutkan materi yang sebelumnya. Kali ini kami praktek langsung dengan notebook. Hal ini sebenarnya yang tidak kami duga sebelumnya. Karena sebelum berangkat ke Singapura, kami mengira akan diberi training dengan peralatan yang canggih. Ga taunya kami hanya diberikan teori saja dengan menggunakan slide. Barulah hari terakhir ini kami melakukan praktek langsung.

Ketika jam makan siang tiba ternyata turun hujan rintik. Kalau kemarin kami ditemani tiga orang rekan setempat, kali ini kami hanya ditemani makan oleh seorang staff saja. Kami diantar ke tempat makan padang yang terletak dekat kantor. Tempatnya semacam warteg di Infonesia, tetapi bersih dan rapih. Kursi mejanya seperti kursi makan di Mcdonald. Namanya rumah makan Padang, tetapi tentu saja masakan Padang ala Singapura. Karena makanan yang disajikan sangat beragam tidak seperti masakan Padang yang banyak mengandung santan. Aku pesan sayuran dan ayam goreng. Sama seperti sebelumnya aku masih kagum dengan ukuran ayam yang jumbo dan sangat empuk dimakan.

Setelah makan kami balik kekantor dan meneruskan training. Ternyata hari itu bos besar tidak berada di tempat, sehingga kami putuskan untuk mengakhiri training lebih cepat dari jadwal yang telah ditetapkan. Sebelum pulang aku sempat berfoto dengan staff setempat di lobby depan.

Waktu penerbangan kami masih cukup lama. Tetapi karena kami membawa koper jadi repot juga kalaupun harus jalan-jalan ke suatu tempat. Sehingga kami putuskan untuk langsung menuju bandara saja. Di bandara kami beli oleh-oleh untuk orang kantor. Aku dan temanku masing-masing beli satu yang harganya sekitar tujuh puluh ribuan rupiah. Aku tidak membelikan apa-apa untuk istri maupun kerabat di rumah. Karena menurutku coklat dengan harga segitu juga banyak macamnya di Indonesia.

Aku sempat lihat-lihat ke toko buku dan stationary tetapi ternyata harga dan barangnya tidak jauh beda dengan di Indonesia. Jadi aku tidak membeli barang apapun. Paling-paling ngambilin brosur peta Singapura gratisan. Ini penting karena aku bakalan sering traveling ke Singapura, jadi mesti mengusai daerahnya.

Setelah waktunya boarding kami pun menuju pesawat. Aku duduk disebelah orang India. Disebelahnya duduk cewek Indonesia. Si India ini lihai juga, karena dengan cepat dia sudah akrab dengan cewek disebelahnya. Ketika tiba waktu makan si India pesan wine Chardonnay. Dia pesankan juga untuk di cewek. Ternyata ga hanya sekali dia pesan wine tersebut. Aku hitung sampai 4 kali bolak balik dia pesan wine tersebut. Dalam hatiku tau aja nih orang yang memanfaatkan yang gratisan.

Sekitar jam empat sore kami sampai Cengkareng. Suasana di bandara ternyata penuh sesak. Aku tidak tahu penyebabnya, tetapi mungkin karena akan diadakan sea games di Palembang kali yah. Jadi ketika mau naik taksi harus antri dulu sampai tujuh puluh orang. Hampir sejam lebih kami menunggu antraian taksi. Sampai akhirnya aku disusupkan keluar bandara kemudian menggunakan taksi tanpa stiker bandara yang berada diluar bandara.

Sampai rumah sekitar jam tujuh. Istirahat dan tidur karena besok haru Jumat masih masuk kerja. TGIF jadi besoknya bisa istirahat lagi.

Yah... segitu aja rasanya Singapura. Emang beda kalo tujuan kita dinas ama pesiar. Kalo urusan dinas dapet capeknya aja. Beda kan kalo tujuannya jalan-jalan. Walaupun capek tapi senang...he..he...

Hmmm bulan depan aku disuruh ke Singapura lagi, tapi sehari aja pulang pergi...capek deh.....