Jumat, 19 Agustus 2011

Berat Badan Ideal

Pagi ini salah seorang staf kantor tidak masuk kerja. Sudah beberapa hari ini diasakit. Ternyata asam lambungnya kumat karena berdiet terlalu ketat. Karena dia ingin menurunkan berat badan maka dia berdiet ketat. Akan tetapi  rupanya bukan berat badan yang turun tapi malah sakit yang dia dapatkan.

Banyak orang yang bermasalah dengan berat badannya. Dari dahulu hingga sekarang ternyata masalah yang satu itu tetap ada dan mungkin akan terus ada sepanjang manusia masih ada di bumi ini. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui fakta sebenarnya mengenai kegemukan atau kelebihan berat badan.

Dengan ketidaktahuan ini maka banyak orang yang terjebak dengan berbagai macam iklan komersial mengenai obat-obatan dan metoda yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang belum pernah terungkap atau setidaknya saya belum pernah mendengar mengenai hal ini. Yaitu tentang apa itu sebenarnya kelebihan berat badan dan bagaimana menghadapinya.

Saya akan membeberkan fakta dan sesuatu yang belum pernah diberitahukan secara terbuka pada publik sehubungan dengankegemukan. Untuk menurunkan berat badan ada beberapa metoda yang saya gunakan yaitu melalui secara fisik dan mental. Untuk kali ini saya akan memaparkan metoda secara fisik.Pada kesempatan lain akan saya sampaikan cara menurunkan berat badan dengan menggunakan kekuatan pikiran.
Kenapa saya sampaikan dengan cara fisik telebih dahulu. Karena metoda ini lebih mudah dilakukan daripada dengan cara kekuatan pikiran.

Tetapi sebelum kita membahas metoda fisik akan saya berikan beberapa ilustrasi agar lebih mudah menangkap metoda yang saya ajarkan. Secara awam sebebnarnya pengetahuan ini mungkin sudah banyak diketahui dan dimengerti publik. Akan tetapi banyak yang tidak secara sadar memahami hal ini.

Satu hal yang harus disadari oleh para dieter (orang yang berdiet) adalah bahwa sebenarnya setiap orang sudah mempunyai berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal ini bukan seperti yang sering dikemukakan oleh para konsultan kesehatan yaitu tinggi dibagi dengan berat tubuhlalu dikurangi seratus. Ataupun dengan perhitungan sejenis lainnya. Akan tetapi untuk mengetahui berat badan ideal jauh lebih mudah daripada melakukan segala macam perhitungan dan melakukan pengukuran setiap saat.

Untuk mengetahui berat badan ideal kita adalah dengan cara makan makanan kita secara normal artinya kita makan saja seperti kebiasaan kita sehari-hari. Ketika kita makan tidak diatur ataupupn ditakar dan menjalani program diet dan semacamnya. Sehingga nantinya tubuh yang terbentuk dari hasil pola makan tersebut adalah berat badan ideal kita yang sesungguhnya.

Kalau ternyata dengan pola makan mereka terlihat gemuk, maka berat badan ideal orang tersebut berada di atas berat badan orang normal alias gemuk. Begitu juga sebaliknya ada orang yang terlihat lebih kurus dari orang lain.

Jadi bisa juga disimpulkan bahwa berat badan ideal orang ternyata sangat bervariasi. Ada yang berbakat gemuk dan ada yang berbakat kurus. Sehingga dengan mengetahui berat badan ideal ini seseorang sudah bisa memperkirakan apa yang akan dihadapinya untuk mengatasi masalahnya. Baik dalam hal kegemukan atau kekurusan.

Seseorang dengan berat ideal di kisaran gemuk akan menjalani pola makan atau diet teratur seumur hidupnya. mengapa demikian? karena memang berat badan orang tersebut adalah pada kisaran gemuk. Sehingga jika pola makanya tidak diatur maka berat badannya akan kembali pada berat badan idealnya yaitu gemuk. Hal ini yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Mereka tidak menyadari bahwa diri mereka mempunyai berat ideal yang diatas ukuran normal. Mereka berusaha untuk mencapai berat ideal. Memang berat yang mereka inginkan bisa tercapai akan tetapi tidak bertahan lama karena mereka kembali pada pola makan yang lama.

Dengan mengetahui berat ideal kita masing-masing, maka kita sudah tahu konsekuensi dan ekspektasi dari apa akan kita hadapi kedepan. Dalam hal ini jika kita melakukan pengaturan pola makan maka kita harus melakukannya sepanjang hidup kita. Sebagai konsekuensinya jika kita tidak disiplin dalam mengatur pola makan maka bentuk tubuh kita akan kembali pada bentuk tubuh ideal kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar