Sabtu, 20 Agustus 2011

Ngangur nih

Sudah masuk bulan keenam saya tidak bekerja. Sejak tidak bekerja bulan Januari 2010 yang lalu saya belum dapat pekerjaan yang cocok. Artinya sudah beberapa kali wawancara tetapi belum ada yang sesuai dengan minat dan harapan.

Saat ini diseluruh dunia memang sedang terjadi kelangkaan pekerjaan. Sejak terjadi krisis di Eropa tahun 2008 yang lalu dampaknya masih terasa sampai sekarang. Sedang terjadi pergeseran pasar kerja dari  Eropa dan Amerika ke Asia. Saat ini justru negara di Asia banyak didatangi pendatang dari Eropa/Amerika untuk mencari pekerjaan.

Setiap hari aku kirinlamaran kerja via email minimal 1 posisi. Sehingga dalam seminggu sekitar 4-5 email kukirim. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu biasanya lihat lowongan kerja di Kompas. Jika ada yang cocok maka aku kirim via email jika menyertakan alamt emailnya. Tapi jika tidak ada alamat email maka aku kirim via post. Aku kirim post biasanya di blom M square memakai jasa pos keliling.

Berbagai macam web aku sambangi dan headhunter yang ada di internet aku broqsing untuk melihat peluang yang ada. Aku bahkan sudah sempat berpikir untuk bekerja di luar negeri. Ada dua negara yang menjadi tujuanku, yaitu Singapura atau Australia. aku banyak menggali informasi mengenai ketenagakerjaan di kedua negara ini.

Pernah aku ikutan seminar gratis mengenai study & work di Australia di hotel Sultan. Tidak banyak informasi yang kudapat disana. Standar saja seperti informasi yang sudah aku dapatdi internet. Menurut agent tersebut pekerjaan juga memang sedang tidak mudah didapat di Australia karena persaingan yang semakin ketat sehingga peluang kerja juga semakin ketat. salah satu hambatan adalah usia karena usia maksimal untuk bisa bekerja disana adalah 45 tahun. Sehingga aku masih ada peluang untuk mencari kerja disana.

Aku juga pernah melihat lowongan untuk bekerja di Australia. Iseng aku telpon iklan tersebut. Kemudian aku menanyakan posisi yang ada dan alamat agen tersebut. Peluang kerja yang ditawarkan ada 2 jenis yaitu kerja di restaurant dan diperkebunan.

Kalau kerja direstauran gajinya 30 jutaan dan harus membayar 75 jutaan. 35 juta dibayar dimuka sedangkan sisanya dicicil selama bekerja. Untuk yang perkebunan akan digaji 25 juta. Biaya yang  harus dibayar juga sama sebesar 75 juta tetapi uang mukanya hanya 25 juta dan sisanya bisa dicicil selama bekerja.

Dua minggu setelah itu aku pergi menuju lokasi kantor dari agen tersebu.Kantornya berada di daerah Cibubur. Aku menuju sana dengan kendaraan umum dan turun didepar perumahan Rafless Hill Cibubur. Kemudian aku masuk jalan yang disebutkan di telpon. Kebetulan letak jalan berada dipinggir jalan sehingga mudah dicari. Setelah berjalan cukup jauh kedalam sambil melihat nomer rumah aku belum juga menemukan nomer yang dimaksud dan tidak melihat adanya kantor disekitar situ. Aku kontak tiga nomer telpon yang ada

tetapi semuanya tidak nyambung.Aku mulai merasa ada yang tidak beres, tetapi aku penasaran ingin tahu lebih jauh.

Aku bertanya pada seseorang disana tetapi orang tersebut tidak tahu mengenai kantor tersebut. Aku kemudian masuk lebih jauh kedalam. Aku lihat ada beberapa rumah besar dan mewah. Heran juga melihat ada rumah yang megah di dalam sana. Artinya jalan tersebut masuk ke dalam dan jalanannya saja masih sebagian dari tanah tetapi ternyata ada rumah yang megah disana.

Aku lihat ada rumah bali yang megah dan dikelilingi dengan ukiran unik dan indah. Tetapi segel kuning polisi mengelilingi rumah tersebut. Dan ditempatkan papan menyatakan bahwa rumah tersebut disegel dan berada dalam pengawasan pihak berwajib.

Kemudian aku berjalan kearah lain, aku lihat ada rumah besar yang terisolasi berdiri sendiri tidak ada rumah lain disekelilingnya. Aku tertarik dengan rumah besar ini, kemudian aku mendekat untuk melihat lebih jelas. Rumah ini walaupun sangat besar tetapi terkesan sedikit angker dan tidak bersahabat. Akan tetapi aku urungkan niatku kerena aku lihat dipagar ada seekor monyet dengan rantai yang panjang. Aku perkirakan rantai tersebut bisa menjangkau sampai ke jalan. Aku takut monyet ini bisa saja berfungsi sebagai penjaga dan bukan tidak mungkin menyerang orang yang tidak dikenal.

Dalam hatiku.....mungkin ini rumahnya penjahat kali yah, bandar narkoba atau semacamnya. Bergegas aku tinggalkan tempat itu takur juga terjadi sesuatu. Aku berpikir sedikit negatid karena aura yang menyelimuti juga negatif.

Dalam perjalanna pulang aku melihat ada beberapa orang berkumpul disebuah saung tempat hansip. Aku menghampiri mereka dan menanyakan apakh mereka tahu keberadaan kantor tempat agen tenaga kerja yang aku cari. Mereka semua tidak tahu akan hal tersebut. Tetapi mereka mengatakan memang ada beberapa minggu yang lalu sebuah kantor agen perjalanan wisata ditempat tersebut. Tetapi kemudianditutp oleh pihak keamanan karena ternyata bermasalah. Agen tersebut ternyata penipu berkedok agen tenaga kerja. Agar operasi mereka tidak mencurigakan warga sekitarnya mereka memasang papan reklame agen perjalanan wisata.

Dari cerita mereka aku mengetahui banyak juga orang yang sudah tertipu dan menyerahkan uang mereka. Kebanyakan yang tertipu orang yang datang dari daerah. Hal ini bisa dimaklumi karena bisanya orang dari daerah tidak menaruh prasangka buruk terhadap orang lain. Apalagi mungkin modus yang dijalankan terlihat profesional dan tidak menimbukan rasa curiga setidaknya bagi sebagian orang terliha normal.

Kalau dianalisa lebih jauh. Modus yang dijalankan cukup rapih. mereka mencari alamat kantor untuk menipu didaerah yang mudah dijangkau angkutan publik. akan tetapi lokasinya berada di perkampungan yang mungkin tidak terlalu aware dengan kegiatan bisnis dan terlihat cukup sepi. Mereka membawa propoerti yang cukup lengkap seperti papan reklame, brosur dan alat peraga lainnya untuk meyakinkan calon korbannya. Dengan memasang iklan dikoran maka jangkauan mereka bisa sampai seluruh Indonesia, dan terbukti banyak orang dari daerah yang datang.

Setelah beroperasi selama 2-3 minggu dan menerima uang muka maka mereka menghilang. Ada sedikit pertanyaan dalam hatiku. Ketika mereka aku telpon mereka menyatakan silahkan datang ke kantor kantor akan ada beberapa pemberangkatan ditanggal tertentu. Aku yakini pasti komplotan mereka yang berpura-pura sebagai tenaga kerja yang akan dikirim keluar negeri.

Ah kasian sekali nasib para pengangguran dinegeri ini.

1 komentar:

  1. Saya membutuh kan tenaga marketing untuk pemasaran produck ke luar jawa.harap menghubungi saya segera di nmr : 082325863900,08153888959.kami tunggu secepat nya.

    BalasHapus